Sunday, November 15, 2009

PHYTAGORAS dan PEMBUKTIANNYA


Jumlah kuadrat dari sisi-sisi yang tegak lurus pada segitiga siku-siku sama dengan kuadrat dari sisi miringnya. Hal ini sering kita sebut dengan rumus phytagoras. Rumus ini udah kita kenal sejak kelas 4 SD. Tapi apakah Anda tahu pembuktiannya??? Emang kalo kita coba masukkan dengan angka-angka rumus tersebut benar. Tapi apakah rumus tersebut bisa dipakai sebagai landasan pembuktian kebenaran rumus Phytagoras?? NGGAK.

Dari sekian banyak lulusan SD, saya yakin kurang dari 1% dari mereka yang tahu pembuktiannya. Begitupun juga dengan mereka yang udah lulus SMP atau bahkan SMA. Saya pernah membuat soal pembuktian rumus Phytagoras ini pada Babak Final Kompetisi Matematika 2 sekabupaten Lumajang tingkat SMP. Dari 22 yang masuk Babak Final, hanya 1 yang dapat menjawab benar. Lainnya 100% salah dan sama sekali tak mendekati proses pembuktiannya.Bahkan kini saya di ITB, beberapa teman saya yang saya tanyai apakah mereka tahu pembuktianya rumus Phytagoras, mayoritas tak tahu.

Kenapa hal ini terjadi??? Ternyata mereka cuma disodori rumus jadi. Tanpa diberi tahu asal mulanya rumus tersebut. Para guru tak mau ambil pusing dengan menjelaskan asal mula rumus tersebut. Toh akhirnya yang penting menurut mereka, para murid tahu dalam penggunaan rumus Phytagoras. Saya yakin, sekarang udah lebih dari 75% baik guru SD, SMP, bahkan SMA khususnya guru mata pelajaran Matematika tak tahu pembuktian rumus Phytagoras.
Kalo udah gini, GIMANA PENDIDIKAN DI INDONESIA??? Sekolah cuma untuk dapatkan ijasah doang.......

2 comments:

Baharuddin_dj said...

Assalamu'alaikum.
Sebuah artikel yang bagus dan bermanfa'at Kawan...
Matur tengkyu n Keep spirit...

MASYHAR HISYAM WISANANDA said...

thanks